Dapatkah Iblis Membaca Fikiranmu?

0
22

Sebahagian dari kita mungkin pernah berfikir apakah iblis yang merupakan musuh orang-orang percaya boleh membaca fikiran kita..?

Seorang penulis bernama R. C. Sproul menulis dalam artikelnya berjudul ‘Dapatkah Iblis Membaca Pikiranku’ menuyebutkan bahwa iblis juga adalah makhluk yang juga memiliki keterbatasan. Dia juga seperti malaikat.

Meskipun kita belum begitu jelas tahu tentang apa saja kekuatan yang di miliki musuh besar kita itu, namun Sproul mengatakan bahwa beberapa hal ini dapat menjadi kelemahan yang mereka miliki.

Iblis tidak dapat membaca pikiran.

Iblis bukanlah Tuhan. Jadi, hanya Tuhan saja yang dapat mengetahui isi pikiran kita bahkan sebelum kita memunculkan pikiran tersebut.

“Sebab sebelum lidahku mengeluarkan perkataan, sesungguhnya, semuanya telah Kau ketahui, ya TUHAN.” (Mazmur 139: 4)

Iblis tidak dapat berada di berbagai tempat dalam satu waktu.

Sebagai makhluk yang terbatas, iblis tidak mampu menandingi Kuasa Tuhan.

Meskipun mereka memiliki kekuatan supernatural yang tidak dimiliki manusia, namun kekuatan itu tidak lebih besar dari kekuatan Allah sang pencipta langit dan bumi.

Bukan bermakna hal ini membuat kita memandang remeh dengan kuasa si iblis. Kita juga perlu waspada dengan cara-cara yang digunakan untuk menjebak manusia jatuh dalam dosa.

Dalam Alkitab, iblis biasanya akan menggunakan tiga cara untuk menjerat manusia yaitu:

  • Jerat atas keinginan daging
  • Jerat atas keinginan mata, serta
  • Keangkuhan hidup

Firman Tuhan dalam 1 Yohanes 2: 14-17 berkata, “Kamu mengasihi dunia dan apa yang ada di dalamnya.

Jikalau orang mengasihi dunia, maka kasih akan Bapa tidak ada di dalam orang itu.

Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia. Dan dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak Tuhan hidup selama-lamanya.”

Iblis bekerja hanya untuk mencuri, membunuh dan membinasakan kehidupan kita. Dia ingin kita kehilangan masa depan. Tuhan tidak membiarkan kita tak berdaya saat menghadapi jerat si iblis. Dengan kuasa yang dia berikan kepada kita, kita telah ditetapkan menjadi pemenang, bahkan lebih daripada pemenang.

Jika saat ini Anda belum meyakini bahwa Anda mampu mengalahkan si iblis, maka renungkanlah Lukas 10: 19 yang berkata,

“Sesungguhnya Aku telah memberikan kuasa kepada kamu untuk menginjak ular dan kalajengking dan kuasa untuk menahan kekuatan musuh, sehingga tidak ada yang akan membahayakan kamu.” 

Tuhan Yesus memberkati

Sumber : Crosswalk.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here