Perkongsian

Doa tidak selalu terkabul

By January 2, 2007 No Comments
"Tentang hal itu aku sudah tiga kali berseru kepada Tuhan, supaya utusan iblis itu mundur dari padaku. Tetapi jawab Tuhan kepadaku "Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna." (2 Korintus 12:8-9a)

ImageDoa tidak dapat dipisahkan dari kehidupan kita selaku orang percaya. Tidak ada orang percaya yang tidak berdoa. Jadi tidak salah kalau dikatakan, doa adalah nafas orang percaya.

Salah satu hal yang harus kita ketahui tentang doa adalah, bahwa doa tidak sama dengan mantra. Sebab doa bukan alat untuk memaksakan kehendak kita kepada Allah. Karena itu memang tidak semua doa kita terkabul.

 

Lalu bagaimana dengan Matius 7:1, "Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu"? Betul, tetapi ayat 11 b pada perikop yang sama mengatakan demikian, "la akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta kepada-Nya". Apa yang baik belum tentu yang kita minta, dan apa yang kita minta belum tentu yang baik. Tuhan memberikan apa yang baik.

Ada sebuah puisi doa dari seorang penulis tak dikenal : Aku minta kekuatan agar aku mendapat, la memberi kelemahan agar aku taat. Aku minta kesehatan agar aku mengerjakan yang lebih besar, la memberi anugerah agar aku mengerjakan yang lebih baik. Aku minta kekayaan agar aku bahagia. la memberi aku kekurangan agar aku bijaksana.

Aku minta kuasa agar aku dipuja sesama. la membuat aku lemah agar rendah hati dan bergantung kepada-Nya. Aku minta segala sesuatu agar aku menikmati kehidupan. la memberi aku kehidupan agar aku menikmati segala sesuatu. Aku tidak selalu memperoleh apa yang kuminta, tetapi doaku selalu terjawab. Lalu apa artinya doa ?

Doa adalah ekspresi penyerahan diri pada kuasa dan kedaulatan Allah. Karena itu iringilah doa kita dengan sikap berserah; bukan kehendak kita yang jadi, melainkan kehendak Tuhan.  (Ayub Yahya)

sumber: sahabatsyurgawi.net

 

Hebats Editor

Hebats Editor

Penulis lead editor dan founder untuk laman web Hebats.Com, bermula daripada hobi rekabentuk grafik, muzik dan membaca artikel, sehinggalah perkongsian melalui laman web ini.

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com