Mengapa Tuhan Izinkan Banyak Masalah. Pernahkah kamu bertanya?

0
37

Layaknya ombak yang datang silih berganti, begitu juga dengan masalah yang terus menyerang hidup kita. Sejatinya, masalah adalah hal yang lumrah dialami manusia, namun ternyata masalah mampu menggoyahkan iman kita, sehingga kita mulai bertanya “Jika Tuhan mengasihiku, mengapa Tuhan izinkan masalah ini terjadi?”

Sobat, ketika Dia mengizinkan masalah itu terjadi dalam hidup kita tentu Dia memiliki alasan tertentu. Lantas, apa saja alasan Tuhan izinkan banyak masalah?

DIA SEDANG MEMBENTUK KITA MENJADI LEBIH BAIK

Allah adalah kasih. Oleh sebab itu, sangatlah tidak mungkin jika Dia ingin mencelakan kita. Justru sebaliknya, Dia mengizinkan masalah itu terjadi untuk membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik, lebih kuat dan lebih dewasa.

Bayangkan saja, jika tidak ada satu pun orang yang menyakiti kita, bagaimana mungkin kita mengerti makna sebuah pengampunan? Atau bagaimana mungkin kita tahu cara untuk bangkit, kalau kita tidak pernah jatuh?

Melalui masalah Tuhan mengasah kita menjadi pribadi yang lebih tajam, sehingga ketika persoalan baru datang, kita sudah siap untuk menghadapinya.

DIA INGIN TAHU SEBERAPA BESAR IMAN KITA

Apakah kamu masih ingat dengan iman seorang perwira di Kapernaum. Ya, ketika anaknya sakit, perwira tersebut datang kepada Tuhan Yesus dan memintanya untuk menyembuhkan anaknya.

Namun, ketika Tuhan Yesus hendak datang ke tempat tinggalnya, perwira itu berkata “Tuan, aku tidak layak menerima Tuan di dalam rumahku, katakan saja sepatah kata, maka hambaku itu akan sembuh.

Perkataan perwira tersebut mengisyaratkan bahwa ia telah percaya sepenuhnya kepada Tuhan Yesus, bahkan secara tidak langsung ia juga menyatakan bahwa perkataan Tuhan Yesus saja sanggup menyembuhkan sakit anaknya. Ketika mendengar perkataan perwira tersebut, heranlah Tuhan Yesus dan berkata “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya iman sebesar ini tidak pernah Aku jumpai pada seorang pun di antara orang Israel. Alhasil, berkat imannya kepada Tuhan, anak perwira itu sembuh.

Sobat kisah perwira tersebut bisa kita jadikan teladan bahwa iman kepada Tuhan mampu mengatasi segala sesuatu. Ketika Tuhan izinkan masalah itu terjadi dalam hidup kita, besar kemungkinan Dia sedang mengukur persentase iman yang kita miliki.

Jadi, mulai dari sekarang jika sengat masalah itu mulai menyerang hidupmu, milikilah iman kepada Tuhan.

DIA INGIN BUKTIKAN KASIH DAN KUASANYA

Sejak zaman nabi Adam hingga saat ini, kita tahu bahwa Allah itu Maha Kasih dan Maha Kuasa. Namun pada kenyataannya, kita sering lupa akan hal tersebut. Apalagi saat hidup kita adem ayem atau sedang bahagia-bahagianya, kita seringkali melupakan Tuhan. Oleh sebab itu, Tuhan izinkan masalah untuk menyadarkan kita kembali bahwasanya hanya karena Dia kita bisa hidup.

So, mulai dari sekarang ingatlah Tuhan kapan pun dan dimana pun kamu berada. Pertanyaannya, Bagaimana mungkin kita bisa melupakan Tuhan jika di setiap napas kita ada kuasa-Nya?

DIA INGIN KITA SADAR BAHWA KITA TIDAK SENDIRIAN

Ketika Tuhan izinkan gunung masalah itu menghadang hidup kita, sudah pasti Dia akan menemani kita dalam mendakinya. Sesungguhnya, Tuhan ingin kita sadar bahwa Dia tidak pernah meninggalkan kita. Jadi ketika masalah itu datang, kita wajib sadar bahwa Tuhan ada di pihak kita, Dia pula yang akan membantu kita menyelesaikan masalah tersebut.

DIA SEDANG MENYIAPKAN KEJUTAN UNTUK KITA

Jika Tuhan itu Maha Kuasa, ia juga Maha Kreatif. Dia sering memberikan kejutan-kejutan yang tak terduga di dalam hidup kita. Ya, ada pelangi sehabis hujan, dibalik sebuah duka pasti ada harta yang tak ternilai dan abadi. Oleh sebab itu, jangan takut jika masalah datang dan menghajar kita habis-habisan, karena Tuhan tengah menyiapkan hal indah dibalik semua itu.

Tunggu saja. Tuhan Berkati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here